Ayam Kremes

ayam_kremes

Enak nih, beneran. Ayam kremes tuh emang bener-bener bikin nagih. Tapi daripada beli mahal-mahal mending kita bikin aja sendiri dirumah, hehe. Hemat biaya pastinya dibanding kalau kita beli di tempat yang udah terkenal atau di abang-abang pinggir jalan juga. Yuk kita bikin bareng-bareng.

Pertama siapkan bahannya :

  • 1 ekor ayam kampung muda, potong 8 bagian
  • 2.000 ml air
  • 1 ruas ibu jari lengkuas, memarkan
  • 4 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 150 ml santan kental
  • 200 gr tepung sagu
  • 1 butir telur
  • ½ sdt garam,
  • 1/4 sdt msg
  • 500 ml minyak goreng

Bumbu, haluskan

  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • 1 ruas jari kecil kunyit, bakar
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • ½ sdt garam

Cara membuat:

  1. Rebus atau ungkep ayam bersama air, bumbu halus, lengkuas, serai, dan daun salam. Rebus di atas api sedang sambil sesekali dibalik agar tingkat kematangan ayam merata.
  2. Setelah cukup lunak, masukkan santan. Teruskan memasak sambil sesekali diaduk hingga mendidih. Biarkan sampai airnya tinggal ¼ bagian. Matikan api.
  3. Angkat ayam, pisahkan ayam dari air rebusan. Saring kuah ayam dan buang ampasnya. Biarkan dingin.
  4. Masukkan tepung sagu dan telur ke dalam kuah, tambahkan garam, aduk rata hingga menjadi adonan. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau encer. Bila terlalu encer, tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit.
  5. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak, lalu celupkan ayam ke dalam tepung, lalu goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Ulangi langkah tersebut hingga ayam habis.
  6. Kremes tepung: saring minyak bekas menggoreng ayam, lalu panaskan lagi di atas api kecil. Goreng sisa adonan tepung dengan cara sendokkan sedikit demi sedikit. Setelah kecokelatan, angkat dan tiriskan. Lakukan sampai adonan habis.
  7. Sajian ayam goreng dengan taburan kremesan tepung.

Baca Juga : Cara membuat daging empuk

 

Comments

comments