Project Description

Mie-Sohun-Cap-2-Onta

Mie Sohun Cap 2 Onta adalah mi halus yang dibuat dari pati. Setelah direbus atau direndam, sohun berwarna bening, bertekstur kenyal, dan memiliki permukaan yang licin.

Di antara berbagai jenis pati yang bisa dijadikan bahan baku adalah pati kacang hijauumbi (kentangubi jalartapioka), saguaren, dan midro (ganyong). Sohun berbeda dari bihun.

Sohun dan bihun secara sekilas memang mirip. Namun sejatinya sohun atau juga akrab disebut soun itu beda dengan bihun.

Ada beberapa perbedaan yang harus kamu tahu

  • Bahan dasarnya berbeda
  • Karekteristik mienya terasa berbeda
  • Perbedaan waktu memasak bihun dan soun
  • Kandungan nutrisi bihun dan soun
  • Nilai indeks glikemik soun lebih rendah

Sohun atau soun (suun) adalah mi halus yang dibuat dari pati. Setelah direbus atau direndam, sohun berwarna bening, bertekstur kenyal, dan memiliki permukaan yang licin. Di antara berbagai jenis pati yang bisa dijadikan bahan baku adalah pati kacang hijauumbi (kentangubi jalartapioka), saguaren, dan midro (ganyong). Sohun berbeda dari bihun.

Dijual dalam keadaan kering dan terlipat seperti sarang burung, sohun direbus atau direndam hingga agak lunak sebelum digunakan untuk berbagai masakan tumis dan sup. Sohun hampir-hampir tidak memiliki rasa, namun menyerap kaldu dan rasa bahan-bahan lain yang dimasak bersamanya. Tanpa direndam air lebih dulu, sohun bisa langsung digoreng hingga garing, dan dipakai sebagai alas atau penghias makanan.

Di Indonesia, sohun dibuat dari bahan dasar pati sagu atau aren ditambah midro sebagai campuran. Makanan Indonesia yang memakai sohun misalnya: sotobaksotekwanpempek modelkimlo, dan sup.

Sohun awalnya berasal dari Tiongkok.[2] Dalam bahasa Mandarin, sohun disebut fěn sī ,arti: “mi benang”). Di Taiwan, sohun disebut dōng fěn ( “mi musim dingin”) atau tanghun. Sohun juga dipasarkan sebagai saifun berdasarkan pengucapan bahasa Kantonis untuk menyebut sohun dalam bahasa Mandarin xì fěn (“mi langsing”). Dalam bahasa Kantonis, sohun disebut fan2 si1.

Sohun Kering cap ONTA 3.7 kg , 2 kg.

Komposisi: Tepung Aren, Minyak Nabati, Pewarna Makanan